Rabu, 12 Maret 2014

Perbedaan Sayang Dengan Suka


Klara adalah seorang mahasiswi disuatu universitas yang tidak terakreditas dan tidak terdaftar di kementerian pendidikan. Selain menjadi mahasiswi di kampus illegal tersebut, Klara juga mempunyai pekerjaan sampingan, yaitu sebagai seorang foto model profesional. Salah satu prestasinya, Klara pernah menjadi model kalender akademik dikampusnya. Dan saat ini dia sedang sibuk menjadi model atribut kampanye parpol menjelang pemilu 2014.

Wajahnya yang sering terpampang di kalender akademik, menjadikan Klara sangat terkenal di kampus. Sehingga, tidak sedikit mahasiswa yang terpesona akan kecantikan dan kemolekan tubuh Klara. Salah satunya Abdullah Tayamum. Dia adalah salah seorang mahasiswa yang juga kuliah di kampus yang sama dengan Klara. Hanya saja mereka berbeda fakultas. Klara kuliah di fakultas ilmu Ekonomi sedangkan Abdul di fakultas ilmu kanuragan.

Abdul sangat mengidolakan Klara. Dia membeli semua atribut kampanye yang ada foto Klara dan menyimpan semua kalender akademik yang memajang wajah Klara dari edisi tahun 1997 hingga kalender akademik edisi 2014.


Suatu hari, karena rasa kagum yang teramat sangat dan dorongan nafsu syahwat yang sudah memuncrat-muncrat. Abdul nekad mengajak Klara berkenalan.

Di saat Klara sedang duduk sendirian di atap kampus, dibawah tiang pemancar wi-fi, Abdul datang menghampirinya. Untungnya Abdul memiliki wajah yang lumayan tampan dan berbau Arabian, sehingga membuat Klara juga tertarik untuk berkenalan dengannya.

Setelah 5 menit mereka berkenalan di atap itu, akhirnya mereka jadian! Yap, itu adalah fenomena cinta cepat saji. Kenal 5 menit, langsung jadi!

Saat itu, Abdul merasa sangat bahagia karena cintanya diterima oleh Klara. Wanita yang sangat ia idolakan. Sangking bahagianya, ketika cintanya diterima, Abdul melakukan selebrasi dengan loncat dari atap gedung tersebut yang ternyata bertingkat 12. Untungnya Abdul tersangkut di jendela dan hanya mengalami patah tulang pinggang serta memar dibagian pangkreas.

Akan tetapi, setelah dua bulan lamanya mereka pacaran. Abdul mulai menunjukan perubahan sikap terhadap Klara. Dia mulai mengabaikan Klara dan tidak lagi memujanya seperti dahulu kala.

Setelah diusut-usut, ternyata Abdul  punya idola baru. Dia adalah Sasha, seorang model papan reklame dikampus mereka. Abdul mengidolakan Sasha karena Sasha lebih populer dari pada Klara. Namun, Klara tidak langsung memutuskan Abdul ketika mengetahui kabar itu. Dia masih bertahan karena hatinya sudah dipenuhi oleh benih cinta dan kekaguman akan seorang pria bernama Abdullah Tayamum.

Hingga suatu hari, Abdul merasa hubungannya dengan Klara tidak bisa dipertahankan lagi. Dia akhirnya mengajak Klara bertemu ditempat mereka jadian dulu. Atap kampus lantai 12. Disana, Abdul berniat untuk memutuskan hubungan cintanya dengan Klara. Saat mereka berdua di atap itu, Abdul memegang tangan Klara dan berkata kepadanya:

“Klara, aku SAYANG sama kamu. Tapi kita nggak bisa sama-sama lagi. kita udahan aja, ya? Kalo kita jodoh, pasti suatu saat kita bisa ketemu lagi. Sampai kapan pun, aku nggak bakal pernah ngelupain kamu. Dan meskipun kita udah pisah nanti, tetap lah ingat bahwa aku adalah orang yang pernah MENYAYANGIMU…”

Setelah berkata demikian, Abdul segera pergi dari tempat  itu dan meninggalkan Klara sendirian. Besoknya, Klara diketemukan tewas karena menyentrum dirinya sendiri dengan PowerBank.
Tamat

Gue juga nggak ngerti apa makna dari cerita barusan. Tapi satu hal yang ingin gue sampaikan disana bahwa sebenarnya orang-orang sering keliru menafsirkan rasa suka sebagai rasa sayang!

Perkataan terakhir Abdul bahwa dia menyayangi Klara sebenernya adalah Bohong! Kenapa? Karena Abdul sebenernya hanya menyukai dan mengidolakan Klara, bukan menyayanginya. Ujung-ujungnya pas udah bosen, Klara cuma dianggep sebagai shampo sachetan, yang sehabis dipakai bisa langsung dibuang!

Nah, buat kalian yang udah punya pasangan atau baru mau jadi pasangan, sebaiknya diteliti dulu, deh, si doi itu sebenernya beneran sayang atau cuma sekedar suka dengan kalian. Jangan gegabah kayak Klara. Ntar ujung-ujungnya malah bunuh diri pakai kabel cas-casan.

Iya, sih, tapi gimana cara ngeliat dia sayang atau cuma sekedar suka?

Tenang! Gue udah melakukan survey di tujuh Pesantren dan STM-STM ternama di pulau Jawa. Dari sana gue mendapatkan hasil yaitu beberapa karakter psikologis seseorang yang dapat membedakan rasa sayang dan rasa suka. Karakter apa itu? Yuk, kita cek aja langsung:

MEMPRIORITASKAN

Seseorang yang tulus menyayangi, dalam kondisi apapun pasti akan memprioritaskan dan mengutamakan orang yang dia sayangi, yaitu kalian. Sesibuk apapun, dia kan menyempatkan waktu untuk menanyakan kabar kalian, sedang apa, sama siapa dan dimana. Lalu melakukan sesuatu yang memang kalian butuhkan. Tujuannya cuma satu, dia ingin kalian berada dalam kondisi yang baik-baik saja karena kalianlah yang utama baginya. Terkadang jika sudah terlanjur sayang, orang yang tulus menyayangi suka nggak peduli lagi dengan kondisi dirinya sendiri. Semua hal dia lakukan sudah teruntuk kalian seorang. Dia rela berjuang mati-matian demi membela dan menjaga keamanan kalian.

Beda sama orang yang cuma suka. Perhatiannya cuma sebatas pertanyaan “kamu lagi apa?” atau “udah makan belum?” tapi sama sekali nggak ada tindakan yang nyata. Pertanyaan-pertanyaan itu cuma perhatian kosong yang nggak bermakna. Namun sayangnya, orang-orang yang beneran sayang malahan sering dimanfaatkan dan dikecewakan. Dianggap resek, sok perhatian, dan nyebelin. Kalo udah gini, sebenarnya kesalahan dia cuma satu, memberikan terlalu banyak kasih sayang kepada orang yang belum siap untuk disayangi!

CERDAS DALAM MELARANG

Prinsip orang yang menyayangi bukan I'm happy if you're happy tapi I'm happy if you're doing something right”. Maksudnya, seseorang yang beneran sayang akan merasa bahagia dan tenang kalo pasangannya melakukan hal-hal yang bener. Dia akan melarang kalian melakukan sesuatu yang bodoh yang dapat merugikan diri kalian sendiri walaupun kalian menyukainya dan kalian akan menentang larangannya. Misalnya, mabok-mabokan, keluyuran tengah malem, pakai bedak ketebelan, dan ngoleksi foto-foto bugil Julia Perez.

Sedangkan orang yang hanya menyukai, dia cenderung memakai prinsip yang pertama, “aku bahagia, kalo kamu bahagia”. Nggak peduli kalian mau kayang di atap kereta api atau beol di tengah jalur busway, yang penting kalian bahagia. Walaupun kebahagiaan kalian itu sesat dan akan berdampak negatif bagi diri kalian sendiri. Namun kalian perlu tau, orang yang menyayangi dan melarang, bukan berarti dia mengekang kalian. Kalian harus bisa membedakannya. Orang-orang yang mengekang,  melarang segala hal yang nggak dia sukai, tanpa alasan yang berarti. Sedangkan orang yang menyayangi, melarang dengan hati dan punya alasan yang pasti.

IKHLAS BERTINDAK

Pasangan yang beneran sayang itu melakukan sesuatu kayak potongan lirik lagu ini“…hanya memberi, tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia…”. Dia adalah seseorang yang nggak perlu kalian bayar untuk minjemin bahunya pas kalian sedih, atau kalian kasih piring cantik pas dia minjemin kupingnya untuk dengerin kegundahan hati kalian. Dia cuma berharap, kalian juga melakukan hal yang sama seperti yang dia lakukan, yaitu balik menyayanginya. Atau seenggaknya, kalian nantinya bisa mengenang dia sebagai seseorang yang pernah menyayangi kalian.

Kalo orang yang cuma suka, sih, mau dengerin curhatan kalian, tapi diem-diem dia ngarepin cipokan hot di penghujung pertemuan. Atau mau jagain pas kalian lagi sakit dengan harapan bisa ikut-ikutan bobok sambil ngubek-ngubek selangkangan. Perlu kalian  tau, dia itu bukan pasangan yang peka, tapi PK (penjahat kelamin).  

MEMBANGGA-BANGGAKAN

Di Medsos, kadang gue ngeliat temen-temen gue yang cakepnya ngelebih-lebihin Taylor Swift, tapi dengan PD nya mereka majang foto bareng pacarnya yang nggak lebih ganteng dari pada Adul. Pertama kali ngeliat itu, gue cuma ngetawain mereka di dalem hati dan bilang kalo mereka itu bego. Tapi lama-kelamaan, gue sadar kalo ternyata hubungan mereka bukan cuma sekedar ketertarikan fisik. Tapi lebih dari itu.

Orang yang menyayangi seakan dibutakan matanya, tapi sangat terbuka hatinya. Mereka nggak peduli se-ancur-ancur-koprol apapun pasangan mereka. Mereka juga tertutup rapat telinganya dengan komentar buruk dari orang lain ke pasangannya. Mereka tau kalo merekalah yang lebih mengenal pasangannya dari pada orang lain. Jadi jangan heran kalo orang yang menyayangi seolah membangga-banggakan pasangannya. Hal itu mereka lakukan hanya agar orang lain tau bahwa pasangannya nggak sejelek yang mereka pikirkan.

TAKUT KEHILANGAN

Seseorang yang tulus menyayangi, akan sangat takut pasangannya itu pergi. Kenapa? Karena, cuma butuh 3 menit untuk kehilangan seseorang yang disayangi. Tapi nggak cukup 3 bulan untuk kembali menyayangi orang yang berbeda.

Agak susah memang untuk menemukan seseorang yang memenuhi semua kriteria-kriteria diatas. Selama ini, gue juga selalu mencari seseorang yang mau memprioritaskan gue, selalu ngelarang gue untuk ngelakuin hal-hal bodoh, nggak minta imbalan kalo gue butuh sesuatu, dan takut banget kehilangan gue. Tapi tetep aja, gue nggak berhasil nemu orang yang kayak gitu diluar sana. Karena ternyata, orang itu memang tidak pernah berada diluar sana, tapi orang itu berada sangat dekat dengan gue saat ini dan nggak gue sadari kehadirannya. Yup, mereka adalah orang tua dan keluarga.

Mereka adalah orang-orang yang menyayangi gue dengan tulus dari gue lahir sampai jadi segede bekantan gini. Mereka adalah orang yang akan selalu menanyai kabar gue ditengah kesibukannya, mereka juga yang selalu melarang gue untuk melakukan sesuatu yang akan berakibat buruk bagi anaknya ini meskipun terkadang balasannya adalah cacian dan makian, mereka yang nggak pernah meminta sesuatu apapun ke gue kecuali doa yang tulus dari seorang anak, mereka yang selalu ngebangga-banggain gue di depan temen-temennya meskipun gue minim prestasi, dan mereka adalah satu-satunya orang dimuka bumi ini yang paling takut kehilangan gue dari pada kehilangan segala harta benda yang mereka miliki.

True love is coming from the parents. Then, immediately responded before they go on forever (cinta yang tulus adalah yang berasal dari orang tua. Maka, segeralah membalasnya sebelum mereka pergi untuk selamanya)

Orang-orang yang menunggu untuk gue bahagiakan :')



 
Okey deh, udahan dulu, ya. cuma itu yang bisa gue bagi ke kalian. Semoga postingan gue ini ada manfaatnya, apapun itu. Terus kalo ada komentar, tulis aja ya di kolom komentar, jangan ragu-ragu. Akhir kata, Aku sayang kaliannnn…. Muachhh


Kecup Manja,
Pemilik Sandal Pedot (@Sandalpedottt)


.

33 komentar:

  1. mmmuuuaaacchhh deh.gagal bobo cantik gegara liat postingan inih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak perlu bobo cantik, kamu udah cantikk...hohohoho

      Hapus
  2. wah mantep gan :D wkwkw si doi ternyata beneran sayang ama ane gan :D Aamiin

    ihsankirito.co.vu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cieeehh... selamat yak. Gue yang nulis ini aja masih single, jadi agak gimana gituuu..hehehehe

      Hapus
  3. S abdul bahaya banget yah begitu gue baca kalimat ini
    "dorongan nafsu syahwat yang sudah memuncrat-muncrat"
    oh my god muncrat... -__-

    nayri yang lo sebutin di atas itu kaya, nyari tulisan 'N' buat dapetn hadiah , walaupun sekedar kaos, dari permen karet YOSAN. susah abis...
    dan ujung2nya keluarga lah yang memenuhi kriteria itu.

    sebenernya lo mau nyari pacar apa istri rie -__-
    masalahnya itu tuh kriteria pasangan hidup buat selama-lamanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pasti adalah yang memenuhi kriteria, walaupun nggak semuanya...
      Ini bisa buat nyari pacar fik, trus kalo udah dapet pacar yang kayak gini, besoknya langsung nikahin aja..hohohoho

      Hapus
  4. Mantapp ada cerita aa juga tipps nya n muacchh juga the sm yg posting ini yaa ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makasihhh...muachhh tooo :**** ...heuheuheu

      Hapus
  5. Memang, kasih sayang yg paling tulus itu datangnya dari orang tua. Dan satu lagi, Tuhan Yang Maha Menciptakan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener banget... Nggak ada yang bisa nyaingin kasih sayang orang tua dan Maha Mencipta :)))

      Hapus
  6. sepakat pisaaaaan, heuheu.. quotes yang ini nyesek banget cuma butuh 3 menit untuk kehilangan seseorang yang disayangi. Tapi nggak cukup 3 bulan untuk kembali menyayangi orang yang berbeda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhuu... tapi ini relatif sih, banyak juga orang yg cuek tapi sebenernya sayang..hohoho

      Hapus
  7. postingan kali ini suka banget. luar biasa deh sukanya, bukan cuma penilaian buat doi, malah bisa jadi pelajaran untuk kitanya juga, biar kalo sayang sama orang itu harus tulus, gak pakek imbalan, kayak lirik di atas “…hanya memberi, tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia…”.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ika... :))
      Iya nih, postingan ini juga di buat karena kangen sama keluarga di Jambi, setahun sekali baru ketemu... :((

      Hapus
  8. :( terharu n menghanyutkan gue,,,segera loe bahagiain org yg loe sayang ,,,,,nice post buat gue.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan cuma gue, tapi hayook kita bahagiain orang yang kita sayang :)))

      Hapus
  9. wah jadi cewe incerannya adalah klara.
    oke kejar dia bang... kejar hehe.. tapi apalah daya menunggu dari orang yang elo sayang itu lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu cuma perumpamaan kok :))
      Bener, nunggu orang yang beneran sayang itu lebih baik dari pd yang pura2 sayang..

      Hapus
  10. Hahah.. mahasiswa ilegal. Abdul di Fakultas Kanuragan. Inspirasi dari mana ini cerita, bisa se-absurd ini. Cinta cepat saji, model papan reklame sampai bunuh diri pakai powerbank.

    Tipsnya menarik, mudah dicerna. Mungkin karena survey-nya di pesantren dan STM kali ya -_-

    BalasHapus
  11. so sweet, tumben postingan kamu jleeeb banget Rie??
    semoga yaaa orang-orang disekelililngku menyanyangiku dengan tulus
    semoga saja suamiku benar-benar sayang padaku amin
    ya emang sih kadang kita sering lupa bahkan acuh tak acuh antara suka dan sayang, salah kaprah mengartikannya
    padahal sayang itu lebih dari apapun, melarang kita berbuat konyol dan selalu memprioritaskan kita
    yaa benar, keluarga adalah org2 tulus yg mengasihi kita, smg aku segera bisa membalasnya
    nice post Rie

    BalasHapus
  12. jadi inget salah satu postingan temen "mau tau kenapa orang baik di dunia ini makin sedikit? karena banyak orang yang kalo dibaikin sedikit ujung0ujungnya nagih jadian"

    kadang rasa suka itu memang seringkali menjerumuskan *pengalaman* hahaha

    BalasHapus
  13. emang deh cinta yang tulus itu datang dari orang tua. postingan lo jadi ingetin gue bang, kapan ya gue bisa banggain kedua orang tua gue? ._.

    BalasHapus
  14. hahaha fenomena cinta cepat saji yang memuncrat-muncrat wkwk

    sebenernya kalo menurut gue sih si Abdul hanya mengidolakan cewek yang sekiranya 'lebih' secara fisik dan kalimat terakhir Abdul untuk Klara itu bulshit banget. sebenernya kalo gue jadi Klara sih langsung gue jorokin tuh abdul biar jatoh sekalian dari lantai 12. gue turut prihatin juga atas kepergian klara yang diakibatkan oleh aliran listrik dari power bank yang menyetrum ia sampai tidak sadarkan diri kemudian tewas. hahaha gue ngakak banget pas baca di bagian itu bro.

    intinya sih bener apa kata lo, kalo orang tua itu adalah sosok pertama kali yang harus kita bahagiakan. karena emang beliaulah yang bener-bener tulus menyayangi kita.

    BalasHapus
  15. cinta yang indah ada yang ingin selamanya ada yang ingin sesaat sebagai pemuas semata. fenomena di masyarakat. Namun tentu cinta ibu adalah yang terbesar dan terhebat, cintanya sepanjang masa. Mari saling mecinta terutama pada ibu kita

    BalasHapus
  16. menurut gw abdullah tayamum emang cuma sebatas mengidolakan klara. belum sampe ke taraf sayang.duh kaisan amat ya nasib klara.
    udah bangkotan gak lulus2 eh ditinggalin pacar pula.

    hmmm iya klo org sayang ya ciri2nya kayak yg udah kamu paparkan di atas.
    diantaranya, memprioritaskan org yg disyg.
    klo pacaran hanya sebatas suka ya cepet bosen hehehe

    BalasHapus
  17. aaaah postingannyaaaa bikin aku sadaaar :"""
    speechless udah gatau harus komen apalagi

    BalasHapus
  18. anjrit bunuh dirinya nyetrumin pake power bank hahaha

    btw, keren nih postingan ..
    poin-poinnya juga 'iya banget' , gue sampe ngangguk2 manja ngebacanya..

    dan postingan ini ditutup dengan keren setelah setelah menghubungkan kasih sayang orang tua...gaul.

    BalasHapus
  19. salam kenal, saya tertawa dengan judul blog ini 'sandal pedottt' ....

    BalasHapus
  20. Pertama baca ceritanya, pengen ketawa ada, aneh ada. Itu mulai dari nama panjang di tokoh utama, Tayamum, kenapa nggak Wudhu sekalian? :| terus loncar dari atas gedung, terus mati karena kesetrum PB, emang bisa ya? Hahaha...

    Tapi endingnya bikin sedih. Terharu sih lebih tepatnya. Mungkin kalo tentang jodoh, iya belum nemu aja. Tapi mau udah nemu ataupun belum, orang tua tetep lebih utama. Hiks, jadi keingetan Ayah yang rela berkorban meskipun anak perempuannya udah bukan anak TK atau SD lagi :((

    Itu kenapa penutupnya harus kecup manja ya? Nanti pacarku marah kak :p

    BalasHapus
  21. Ntah apa yang ada dipikiran lo bikin ilustrasi ceritanya sebegok itu. Dan lebih begoknya gue bisa masuk kedalam cerita, masuk kedalam suasananya. Alamak banget. Bangkeee ini bangkeee. Cuma keren ya elo, imajinasinya kayak spongebob. Terpikirkan hanya diotak sendiri dengan tanpa otak orang laen. Jadi bikin orang lain yang nyimak itu ya bergumam "IYA BISA JADI" begitulah.

    Dan makin keceh lagi lo menyajikan petuah-petuah bermanfaat dibalik cerita bangke lo itu. Terlebih saat di paragraf terakhir. Orang tua emang orang yang selama ini lo bahkan semua orang cari. Yang sayang bukan kagum. Yang ikhlas tanpa ngarep imbalan. Ye semua untuk anaknya lah. Demi kamu anakkuuuh, gitu kalo di sinetron-sinetron.

    Alhamdullilah kecupnya gak nyampe.

    BalasHapus
  22. kok di headernya malang?
    anak malang atau rantau di malang?
    hehehe, maap kepo :D

    Ceritanya seru dan nasihatnya bagus banget kak .
    kocak tuh ceritanya, dari naam sampe kejadiannya :D

    BalasHapus
  23. Pas baca awalnya, sempet bingung sendiri. Ya ampun ini cerita apaan sih?! Kemudian jedotin kepala ke meja #PLAK *ditampar* Engga. Itu becanda. Oke, abaikan.

    Ngakak pas bagian itu tuh, mati kesetrum PowerBank masa :x AWKWAKWAK *ngakak guling-guling* XD

    Ceritanya kocak, nasehatnya mantep. Acungin jempol deh *nyengir sambil ngacungin jempol*

    BalasHapus
  24. Wah beberapa point di atas cucok banget nie untuk dibaca, ada yang masuk kategori ada yang tidak. Sandal pedot Vs Srampat pedot ? haha

    BalasHapus